" WILUJENG SUMPING ...................SELAMAT DATANG..........di Blog SOBAT KITA...Cimahi

Jumat, 04 November 2011

Eksistensi Wali Kelas



Oleh:Wawan Rusmawan
            Banyak faktor yang bisa ikut mendukung keberhasilan belajar siswa  di sekolah. Salah satunya adalah peran yang dimainkan para wali kelas di sekolah .   Wali kelas adalah guru yang diserahi  tanggung jawab membina murid di sebuah kelas ( lihat: KUBI hal .1615).Tugas wali kelasa adalah  salah satu tugas / jabatan yang diberikan  kepada para guru untuk  membina  seacara khusus dikelas yang ditunjuknya.Jabatan wali kelas ini, biasanya diberikan secara bergilir kepada para guru  sesuai kebutuhan. Tugas yang  dipikul wali kelas merupakan tugas tambahan bagi guru yang ditunjuk.  Melaksanakan  tugas wali kelas memang bukan perkara yang ringan ,namun tugas itu  harus tetap dijalankan dengan baik sesuai aturan yang ada ,  agar  kegiatan  pendidikan, pelatihan dan pengajaran yang telah direncanakan  bisa berlangsung dengan baik  dan lancar .
            Guru yang menjadi wali kelas ,memang harus memiliki perhatian yang ektra terhadap kelas/para siswa  yang dibinanya.  Wali kelas  adalah wakil orang tua dan kepala sekolah  lingkungan sekolanya. Sebagai orang tua tentu saja para  wali kelas harus mengetahui  nama-nama siswa, jumlah siswa, mengetahui identitas siswa, mengetahui kehadiran siswa  yang dibinanya setiap hari.
            Dari hasil pantauan tentang  kondisi kehadiran  para siswa  setiap hari inilah,   para wali kelas  bisa melihat keadaan  para siswa di kelasnya....bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar