" WILUJENG SUMPING ...................SELAMAT DATANG..........di Blog SOBAT KITA...Cimahi

Kamis, 20 Agustus 2009

Lagu-lagu rohani di bulan suci


Oleh : Wawan Rusmawan

Suasana bulan suci ramadhan memang terasa amat beda dengan bulan lainnya duar ramadhan. Di bulan ini denyut aktifitas ibadah tentunya terus bertambah.Hal demikian lumrah saja, karena dalam vis kaum muslimin bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh dengan nikmat, bulan sarat dengan nikmat, melimpah dengan barohah buah dari aktifitas ibadah.

Semua lapisan masyarakat,termasuk para artis penyanyi ikut menyambut gembira datangnya bulan suci ini. Mereka isi bulan suci ini dengan berbagai aktifitas pengajian,ceramah dan dakmwah lewat lagu-lagu rohani.

Dari BIMBO hingga ST 12

Memang usaha memeperhalus jiwa dengan penambahan nilai-nilai rohani di kalangan artis,terus berlangsung.ini terlihat dari semangat mereka mengisis bulan suci dengan banyak menggali ajaran illahi.Melalui pengajian rutin dirumah-rumah artis mau p[un di pesantren.

Memang ada artis yang di bulan ramadhan mencoba belajar agama di pesantren. Fenomena ini merupakan sesuatu yang menarik. Bagaimanapun artis masuk pesantren baik formal maupun informal layak diancungi jempol ,semoga fenomena ini bisa menjadi inspirasi buat kita agar kita pun tergerak untuk meningkatkan kaalitas amaliah kita di bulan ramadhan sesuai dengan kemampuan kita.

Pandangan salah seorang ustad tentang fenomena ini menarik kita renungkan “kembalinya artis ke agama bukan semata-mata untuk urusan dunia. Tapi, benar-benar ketukan nurani para artis. Nah kalau semua artis sudah agamis ,diharapkan kesenian dan totonan di indonesia ini nantinya akan bernapaskan agama pula. Bila hal ini terjadi,maka tanpa kita harus membuat tontonan agamis,tari, nyanyi dengan kresadaran sendiri bisa diwarnai bengan nilai-nilai agama.

Di dunia tarik suara khussunya,terdapat nuansa baru dalam syair-syair lagunya. Para musisis muslim telah mencoba memberi muatan agama dalam karya-karya mereka. Kini mulai bermunculan lagu-lagu yang dilantunkan para penyani kita, yang syairnya bernilai dakwah. Lagu-lagu bersifat pujian ,renungan tentang kebesaran Alloh SWT, lagu berisi aja\kan amar ma’ruf nahi mungkar yang kerap disebut lagu-lagu rohani. Lagu-lagu ini kerap menyemarakan bulan suci Ramhan. Group legendaris BIMBO dari kota kembang lagu-lagunya selalu akrab diputar disepanjang bulan ramadhan. Demikian pila lagu-lagu Hada alwi,Sulis sealalu akrab di telinga penikmat musik. Begitu pula Grup band entragan anyar ( pendatang baru) Radja, Vagetos,unggu,marveel,ST 12 dan lain-lain. Lagu-lagu mereka menghiasi stasiun-stasiun radio dan televisi sepanjang bulan suci ramadhan.

Dan kitapun sebagai penikmat musik ,selalau berharap apapun yang kita dengan dari lagu-lagu rohani ini semoga selalu menjadi pendorong bagi kita untuk mampu meningkatkan amal shalih kita .amin.

selamat menjalankan ibadah puasa .! semoga Alloh SWT selalau membimbing kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar