" WILUJENG SUMPING ...................SELAMAT DATANG..........di Blog SOBAT KITA...Cimahi

Minggu, 03 Mei 2009

ASOSIASI GURU PENULIS PGRI JABAR GELAR WORKSHOP TEKNIK PENULISAN JURNALISTIK


Asosiasi guru penulis (AGP) PGRI Jawa barat beberapa waktu yang lalu menggelar kegiatan workrshop teknik penulisan jurnalistik bertempat di gedung PGRI jawa barat jalan ntalaga bodas No 56-58 Bandung . Kegiatan worksop ini yang dibuka oleh ketua PGRI Jawa bara Drs H K Edi Permadi M.Mpd ini dihadiri oleh pengurus dan anggota asosiasi guru penulis (AGP) PGRI Jawa barat. yang bersal dari berbagai kota /kabupaten di jawa barat

Drs Arif Ahmad M.Pd yang saat itu masih menjabat Ketua Asosiasi guru Penulis (AGP) dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan worksop dan Musyawarh AGP ini merupakan salah satu kegiatan dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan AGP. Sederet aktifitas yang telah digelar AGP antara lain mengadakan lokakarya/pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI),membangun kemitraan dengan Ikopin dengan pelatihan wawasan perkoprasian dan kegiatan karya tulis perkoprasian . menyelenggatakan pelatihan kepenulisan di berbagai kota di Jawa barat . Dan tentu saja AGK menyumbangkan gagasan aktual yang dipublikasikan melalui media cetak.

Dalam sambutan , Ketua PGRI jawa barat Drs H.K Edi Permadi M.M.pd. menjelaskan bahwa sebagai salah satu bagian dari organisasai yang ada di tubuh PGRI ,keberadaan AGP PGRI Jabar bisa banyak berbuat termasuk menulis tentang kiprah PGRI dalam membantu mendorong pemerintah untuk menimngkatkan ksesejahteraan guru. Dam memebri masukan k pemerintah untuk meningkatkan anggaran pendidikan hingga 20 %.

Pada sesion utama workshop tersebut tampil 2 orang jurnalis senior dari surat kabar Pikiran Rakyat Bandung yakni Imam Jahrudin P Redaktur Bahasa Pikiran Rakyat dan Yeni Endah Pratiwi Redaktur pendidikan Pikiran Rakyat. Imam JP menyajikan maklah berjudul : “Aspek Kebahasaa Dalam Penullisan artikel ”. menurut imam bahwa semua proses dan starategi penulisan artikel akan bertumpu pada satu hal utama, yakni bahasa. Bahasa berperan sebagai perantara utama sehingga ide atau pandangan penulis mudah dipahami n dan lebih dari ut enak di baca. Yeni Indah P membawakan makalah berjudul “ kebijakan Redaksional Penulisan Forum Guru HU Pikiran Rakyat ”. Menurut Yeni tersedianya rubrik Forum Guru merupakan salah satu bentuk kepedulian HU Pkiran Rakyat terhadap pendidikan khususnya terhadap para Guru. Bagi “PR” guru merupakan profesi mulia dan terhormat serta memiliki kedudukan yang strategis. Guru mampu melahirkan manusia-manusia berkualitas yang meiliki pengetahuan luas, bijaksana dan berahklaq mulia. Banyak orang besar lahir berkat bimbingan para guru.

Menurut keterangan redaktur pendidikan yang alumni UNPAD ini setiap hari artikel yang masuk ke Forum Guru 5 hingga 6 naskah. Itu menunjukan animo para guru untuk menulis cukup besar. Dan persaingan untuk lolos atau layak dimuatpun cukup ketat. Yeni memberi trik kepada para peserta agar tulisnya bisa lolos dan layak muat antara lain: a. bahasa yang dipakainya bahasa jurnalistik ,enak dibaca, mudah dipahami. Thema yang di tulisnnya cukup aktual, hangat, .Berkaitan dengan masalah pendidikan. Photo penulisnya menarik.

Para guru yang hadir pada acara workshop tersebut yang jumlahnya sekitar 50 orang .Hampir semuanya telah bisa mempublikasikan karyanya di media cetak baik di majalah, amaupun di koran . Bahkan sebagian anggota AGP ini telah mampu menulis buku baik buku. Para peserta ini sangat mengapresiasi kegiatan workshop penulisan . pada saat acra tanya jawab cukup banyk anggota aGP yang mau bertanya seputar dunia menulis, namun karena terbatasnya waktu hanya 6 orang guru yang kebagian jatah bertanya. Pak Idris Apandi dari SMP Bina Insani Bandung Barat bertanya tentang sujectifitas dewan redaktur menangani artikel yang masuk. Dijawab tuntas dengan baik oleh pak imam JP.

Usai acara workshop reporter BKW meminta pandangan beberapa anggota AGP tentang kegiatan Workshop ini . “ kegiatan ini banyak manfaatnya . Selain menambah teman juga menyambung silaturahmi dari teman-teman komunitas AGP PGRI Jawa barat ”. ungkap Anggota Asosiasi guru penulis dari SMAN 7 Cirebon Indra Yusuf .S.Pd. guru Geografi yang beberapa artikelnya telah dimuat di Pikiran Rakyat dan Kompas Jakarta.

Pak Maman , guru dari SMAN Kadu Gede Kuningan yang karya tulisnya telah dimuat di Forum Guru Pikiran Rakyat, Galura dan koran SINDO menuliskan kesan-kesannya sebagai berikut : “ syukur alhamdulillah atas adanya workshop ini,. Ilmu dan wawasan saya bertambah . saya merasa senang dan puas meski perjalanan ke Bandung cukup melelahkan” . ( Wawan Rusmawan )***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar